Kata Kerja Operasional (KKO) Kurikulum 2013 Revisi 2016
Kata Kerja
Operasional (KKO) Kurikulum 2013 Revisi 2016
Kata Kerja
Operasional (KK0) Kurikulum 2013 Revisi 2016 – Kata kerja operasional mengalami
perubahan semenjak diberlakukannya kurikulum 2013 revisi 2016. Kita akan
mengetahui apa saja yang berubah dan mana yang masih sama dengan sebelumnya.
Dalam hal ini juga akan diberikan penjelasan dan diberikan contoh dalam
penerapannya juga disertai file download yang berkaitan dengan kata kerja
operasional sehingga akan memudahkan dalam aktivitasnya nanti.
Teori KKO
menurut Taksonomi Bloom
Benjamin
S. Bloom dan kawan-kawannya itu berpendapat bahwa pengelompokkan tujuan
pendidikan itu harus senantiasa mengacu kepada tiga jenis domain (daerah binaan
atau ranah) yang melekat pada diri peserta didik, yaitu:
1. Ranah
proses berpikir (cognitive domain).
2. Ranah
nilai atau sikap (affective domain).
Perbedaan Kata
Kerja Operasional Lama dan Kata Kerja Operasional Baru
KKO
Lama - Kata kerja operasional ranah kognitif (pengetahuan) yang semula pada
kurikulum 2013 seperti: pengetahuan (C1),
pemahaman (C2), penerapan (C3), analisis (C4), sintesis (C5), dan penilaian
(C6). Kata kerja operasional ranah
afektif (perasaan) seperti: menerima
(A1), menanggapi (A2), menilai (A3), mengelola (A4), dan menghayati (A5). Kata
kerja operasional ranah psikomotor seperti: peniruan
(P1), manipulasi (P2), ketetapan (P3) dan artikulasi (P4). Sederhananya c
itu cognitif atau pengetahuan terdiri
dari 6, a itu afektif artinya perasaan terdiri dari 5, dan p itu psikomotor
(penggerak motivasi peserta didik) terdiri dari 4.
KKO
Baru - Ada perubahan pada kata kerja operasional ranah kognitif kurikulum 2013
revisi 2016 ini seperti: mengingat (C1),
memahami (C2), mengaplikasikan (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5) dan
mencipta (C6). Kata kerja operasional ranah afektif seperti: menerima (A1), merespon (A2), menghargai
(A3), mengorganisasikan (A4), dan karakterisasi menurut nilai (A5). Kata
kerja operasional ranah psikomotor seperti: meniru
(P1), manipulasi (P2), presisi (P3), artikulasi (P4), dan naturalisasi (P5).
Sederhananya c itu cognitif atau
pengetahuan terdiri dari 6, a itu afektif artinya perasaan terdiri dari 5, dan
p itu psikomotor (penggerak motivasi peserta didik) terdiri dari 5.
CONTOH DAFTAR KATA KERJA OPERASIONAL LAMA
UNTUK RANAH KOGNITIF
(Cl – C6)
KURIKULUM 2013
Pengetahuan (Cl)
|
Pemahaman (C2)
|
Penerapan (C3)
|
Analisis (C4)
|
Sintesis (C5)
|
Penilaian (C6)
|
Mengutip
|
Memperkirakan
|
Menugaskan
|
Menganalisis
|
Mengabstraksi
|
Membandingkan
|
Menyebutkan
|
Menjelaskan
|
Mengurutkan
|
Mengaudit
|
Mengatur
|
Menyimpulkan
|
Menjelaskan
|
Mengkategorikan
|
Menentukan
|
Memecahkan
|
Menganimasi
|
Menilai
|
Menggambar
|
Mencirikan
|
Menerapkan
|
Menegaskan
|
Mengumpulkan
|
Mengarahkan
|
Membilang
|
Merinci
|
Menyesuaikan
|
Mendeteksi
|
Mengkategorikan
|
Mengkritik
|
Mengidentiflkasi
|
Mengasosiasikan
|
Mengkalkulasi
|
Mendiagnosis
|
Mengkode
|
Menimbang
|
Mendaftar
|
Membandingkan
|
Memodifikasi
|
Menyeleksi
|
Mengkombinasikan
|
Memutuskan
|
Menunjukkan
|
Menghitung
|
Mengklasifikasi
|
Memerinci
|
Menyusun
|
Memisahkan
|
Memberi label
|
Mengkontrasikan
|
Menghitung
|
Menominasikan
|
Mengarang
|
Memprediksi
|
Memberi indek
|
Mengubah
|
Membangun
|
Mendiagramkan
|
Membangun
|
Memperjelas
|
Memasangkan
|
Mempertahankan
|
Mengurutkan
|
Mengkorelasikan
|
Menanggulangi
|
Menugaskan
|
Menamai
|
Menguraikan
|
Membiasakan
|
Merasionalkan
|
Menghubungkan
|
Menafsirkan
|
Menandai
|
Menjalin
|
Mencegah
|
Menguji
|
Menciptakan
|
Mempertahankan
|
Membaca
|
Membedakan
|
Menentukan
|
Mencerahkan
|
Mengkreasikan
|
Memerinci
|
Menyadap
|
Mendiskusikan
|
Menggambarkan
|
Menjelajah
|
Mengoreksi
|
Mengukur
|
Menghafal
|
Menggali
|
Menggunakan
|
Membagankan
|
Merancang
|
Merangkum
|
Menim
|
Mencontohkan
|
Menilai
|
Menyimpulkan
|
Merencanakan
|
Membuktikan
|
Mencatat
|
Menerangkan
|
Melatih
|
Menemukan
|
Mendikte
|
Memvalidasi
|
Mengulang
|
Mengemukakan
|
Menggali
|
Menelaah
|
Meningkatkan
|
Mengetes
|
Mereproduksi
|
Mempolakan
|
Mengemukakan
|
Memaksimalkan
|
Memperjelas
|
Mendukung
|
Meninjau
|
Memperluas
|
Mengadaptasi
|
Memerintahkan
|
Memfasilitasi
|
Memilih
|
Memilih
|
Menyimpulkan
|
Menyelidiki
|
Mengedit
|
Membentuk
|
Memproyeksikan
|
Menyatakan
|
Meramalkan
|
Mengoperasikan
|
Mengaitkan
|
Merumuskan
|
|
Mempelajari
|
Merangkum
|
Mempersoalkan
|
Memilih
|
Menggeneralisasi
|
|
Mentabulasi
|
Menjabarkan
|
Mengkonsepkan
|
Mengukur
|
Menggabungkan
|
|
Memberi kode
|
Melaksanakan
|
Melatih
|
Memadukan
|
||
Menelusuri
|
Meramalkan
|
Mentransfer
|
Membatasi
|
||
Menulis
|
Memproduksi
|
Mereparasi
|
|||
Memproses
|
|||||
Mengaitkan
|
Menampilkan
|
||||
Mensuimulasikan
|
Menyiapkan
|
||||
Memecahkan
|
Memproduksi
|
||||
Melakukan
|
Merangkum
|
||||
Mentabulasi
|
Merekonstruksi
|
||||
Menyusun
|
|||||
Memproses
|
|||||
meramalkan
|
CONTOH DAFTAR KATA KERJA OPERASIONAL BARU
UNTUK RANAH KOGNITIF
(Cl – C6)
KURIKULUM 2013 REVISI 2016
Mengingat
(C1)
|
Memahami
(C2)
|
Mengaplikasikan
(C3)
|
Menganalisis
(C4)
|
Mengavaluasi
(C5)
|
Mencipta
(C6)
|
Memasangkan
|
Melakukan inferensi
|
Melaksanakan
|
Melatih
|
Membuktikan
|
Memadukan
|
Membaca
|
Melaporkan
|
Melakukan
|
Memadukan
|
Memilih
|
Membangun
|
Memberi indeks
|
Membandingkan
|
Melatih
|
Memaksimalkan
|
Memisahkan
|
Membatas
|
Memberi kode
|
Membedakan
|
Membiasakan
|
Membagankan
|
Memonitor
|
Membentuk
|
Memberi label
|
Memberi contoh
|
Memodifikasi
|
Membeda-bedakan
|
Memperjelas
|
Membuat
|
Membilang
|
Membeberkan
|
Mempersoalkan
|
Membuat struktur
|
Mempertahankan
|
Membuat rancangan
|
Memilih
|
Memperkirakan
|
Memproses
|
Memecahkan
|
Mempresiksi
|
Memfasilitasi
|
Mempelajari
|
Memperluas
|
Mencegah
|
Memerintah
|
Memproyeksikan
|
Memperjelas
|
Menamai
|
Mempertahankan
|
Menentukan
|
Memfokuskan
|
Memutuskan
|
Memproduksi
|
Menandai
|
Memprediksi
|
Menerapkan
|
Memilih
|
Memvalidasi
|
Memunculkan
|
Mencatat
|
Menafsirkan
|
Mengadaptasi
|
Menata
|
Menafsirkan
|
Menampilkan
|
Mendaftar
|
Menampilkan
|
Mengaitkan
|
Mencerahkan
|
Mendukung
|
Menanggulangi
|
Menelusuri
|
Menceritakan
|
Mengemukakan
|
Mendeteksi
|
Mengarahkan
|
Menciptakan
|
Mengenali
|
Mencontohkan
|
Menggali
|
Mendiagnosis
|
Mengecek
|
Mendikte
|
Menggambar
|
Mendiskusikan
|
Menggambarkan
|
Mendiagramkan
|
Mengetes
|
Menemukan
|
Menghafal
|
Menerangkan
|
Menggunakan
|
Menegaskan
|
Mengkoordinasikan
|
Mengabstraksi
|
Mengidentifikasi
|
Mengabstraksikan
|
Menghitung
|
Menelaah
|
Mengkritik
|
Menganimasi
|
Mengulang
|
Mengartikan
|
Mengimplementasikan
|
Menetapkan sifat/ciri
|
Mengkritisi
|
Mengarang
|
Mengutip
|
Mengasosiasikan
|
Mengkalkulasi
|
Mengaitkan
|
Menguji
|
Mengatur
|
Meninjau
|
Mengekstrapilasi
|
Mengklasifikasi
|
Menganalisis
|
Mengukur
|
Menggabungkan
|
Meniru
|
Mengelompokkan
|
Mengkonsepkan
|
Mengatribusikan
|
Menilai
|
Menggeneralisasi
|
Mentabulasi
|
Mengemukakan
|
Mengoperasikan
|
Mengaudit
|
Menimbang
|
Menghasilkan karya
|
Menulis
|
Menggali
|
Mengurutkan
|
Mengedit
|
Menugaskan
|
Menghubungkan
|
Menunjukkan
|
Menggeneralisasikan
|
Mensimulasikan
|
Mengkorelasikan
|
Merinci
|
Mengingatkan
|
Menyadari
|
Menggolong-golongkan
|
Mentabulasi
|
Mengorganisasikan
|
Membenarkan
|
Mengkategorikan
|
Menyatakan
|
Menghitung
|
Menugaskan
|
Menguji
|
Menyalahkan
|
Mengkode
|
Menyebutkan
|
Mengilustrasikan
|
Menyelidiki
|
Menguraikan
|
Mengkombinasikan
|
|
Mereproduksi
|
Menginterpolasi
|
Menyesuaikan
|
Menjelajah
|
Mengkreasikan
|
|
Menempatkan
|
Menginterpretasikan
|
Menyusun
|
Menominasikan
|
Mengoreksi
|
|
Mengkategorikan
|
Meramalkan
|
Mentransfer
|
Mengumpulkan
|
||
Mengklasifikasi
|
Menjalankan
|
Menyeleksi
|
Mengusulkan hipotesis
|
||
Mengkontraskan
|
Mempraktekkan
|
Merasionalkan
|
Menyiapkan
|
||
Mengubah
|
Memilih
|
Merinci
|
Menyusun
|
||
Menguraikan
|
Memulai
|
Merancang
|
|||
Menjabarkan
|
Menyelesaikan
|
Merekonstruksi
|
|||
Menjalin
|
Merencanakan
|
||||
Menjelaskan
|
Mereparasi
|
||||
Menterjemahkan
|
Merumuskan
|
||||
Mentranslasi
|
Memperbaharui
|
||||
Menunjukkan
|
Menyempurnakan
|
||||
Menyimpulkan
|
Memperkuat
|
||||
Merangkum
|
Memperindah
|
||||
Meringkas
|
Mengubah
|
||||
Mengidentifikasi
|
CONTOH DAFTAR KKO
LAMA UNTUK RANAH AFEKTIF (A1-A5)
KURIKULUM 2013
Menerima (Al)
|
Menanggapi (A2)
|
Menilai (A3)
|
Mengelola (A4)
|
Menghayati (A5)
|
Memilih
|
Menjawab
|
Mengasumsikan
|
Menganut
|
Mengubah prilaku
|
Mempertanyakan
|
Mem bantu
|
Meyakini
|
Mengubah
|
Berakhlak mulia
|
Mengikuti
|
Mengajukan
|
Melengkapi
|
Menata
|
Mempengaruhi
|
Memberi
|
Mengkompromikan
|
Meyakinkan
|
Mengklasifikasikan
|
Mendengarkan
|
Menganut
|
Menyenangi
|
Memperjelas
|
Mengkombinasikan
|
Mengkualifikasi
|
Mematuhi
|
Menyambut
|
Memprakarsai
|
Mempertahankan
|
Melayani
|
Meminati
|
Mendukung
|
Mengimani
|
Membangun
|
Menunjukkan
|
Mendukung
|
Mengundang
|
Membentuk pendapat
|
Membuktikan
|
|
Menyetujui
|
Menggabungkan
|
Memadukan
|
memecahkan
|
|
Menampilkan
|
Memperjelas
|
Mengelola
|
||
Melaporkan
|
Mengusulkan
|
Menegosiasi
|
||
Memilih
|
Menekankan
|
Merembuk
|
||
Mengatakan
|
Menyumbang
|
|||
Memilah
|
||||
Menolak
|
CONTOH DAFTAR KKO
BARU UNTUK RANAH AFEKTIF (A1-A5)
KURIKULUM 2013 REVISI
2016
Menerima
(A1)
|
Merespon
(A2)
|
Menghargai
(A3)
|
Mengorganisasikan
(A4)
|
Karakterisasi
Menurut Nilai (A5)
|
Mengikuti
|
Mengompromikan
|
Mengasumsikan
|
Mengubah
|
Membiasakan
|
Menganut
|
Menyenangi
|
Meyakini
|
Menata
|
Mengubah perilaku
|
Mematuhi
|
Menyambut
|
Meyakinkan
|
Mengklasifikasikan
|
Berakhlak mulia
|
Meminati
|
Mendukung
|
Memperjelas
|
Mengombinasikan
|
Mempengaruhi
|
Menyetujui
|
Memprakarsai
|
Mempertahankan
|
Mengkualifikasi
|
|
Menampilkan
|
Mengimani
|
Membangun
|
Melayani
|
|
Melaporkan
|
Menekankan
|
Membentuk
pendapat
|
Membuktikan
|
|
Memilih
|
Menyumbang
|
Memadukan
|
Memecahkan
|
|
Mengatakan
|
Mengelola
|
Membiasakan
|
||
Memilah
|
Menegosiasi
|
|||
Menolak
|
Merembuk
|
|||
Mengompromikan
|
||||
Menyenangi
|
||||
Menyambut
|
||||
Mendukung
|
CONTOH KKO LAMA UNTUK RANAH PSIKOMOTOR
(P1-P4)
KURIKULUM 2013
PENIRUAN (PI)
|
MANIPULASI (P2)
|
KETETAPAN (P3)
|
ARTIKULASI (P4)
|
Mengaktifkan
|
Mengoreksi
|
Mengalihkan
|
Mengalihkan
|
Menyesuaikan
|
Mendemonstrasikan
|
Menggantikan
|
Mempertajam
|
Menggabungkan
|
Merancang
|
Memutar
|
Membentuk
|
Melamar
|
Memilah
|
Mengirim
|
Memadankan
|
Mengatur
|
Melatih
|
Memindahkan
|
Menggunakan
|
Mengumpulkan
|
Memperbaiki
|
Mendorong
|
Memulai
|
Menimbang
|
Mengidentifikasikan
|
Menarik
|
Menyetir
|
Memperkecil
|
Mengisi
|
Memproduksi
|
Menjelaskan
|
Membangun
|
Menempatkan
|
Mencampur
|
Menempel
|
Mengubah
|
Membuat
|
Mengoperasikan
|
Menskestsa
|
Membersihkan
|
Memanipulasi
|
Mengemas
|
Mendengarkan
|
Memposisikan
|
Mereparasi
|
Membungkus
|
Menimbang
|
Mengkonstruksi
|
Mencampur
|
CONTOH KKO BARU UNTUK RANAH PSIKOMOTOR
(P1-P5)
KURIKULUM 2013 REVISI
2016
MENIRU (PI)
|
MANIPULASI (P2)
|
PRESISI (P3)
|
ARTIKULASI (P4)
|
NATURALISASI (P5)
|
Menyalin
|
Kembali membuat
|
Melengkapi
|
Membangun
|
Mendesain
|
Mengikuti
|
Membangun
|
Menunjukkan,
|
Mengatasi
|
Menentukan
|
Mereplikasi
|
MelakukaN
|
Menyempurnakan
|
Menggabungkan Koordinat
|
Mengelola
|
Mengulangi
|
Melaksanakan
|
Mengkalibrasi
|
Mengembangkan Merumuskan
|
|
Mematuhi
|
Menerapkan
|
Mengendalikan
|
Memodifikasi
|
|
Master
|
||||
Mengintegrasikan Beradaptasi
|
||||
Untuk
contoh penerapan sudah disertakan dalam file yang dapat didownload dibawah ini.
Sudah lengkap segalanya tinggal pahami saja ya!
Kata Kerja Operasional (KK0) Kurikulum 2013 Revisi 2016 – Itulah yang dapat
disampaikan selebihnya bisa bertanya kalau kurang memahami. Dan semoga file
yang disediakan pun memadai terhadap ilmu yang ingin dikuasainya. Yang lebih
penting lagi kita siap menerapkan kata kerja operasional dengan konsep kurikulum
2013 revisi 2016. Sampai jumpa!
SUMBER
REFERENSI
Ans29. 2014. Kata Kerja Operasional Kurikulum
2013. http://ans29.blogspot.com/2014/04/kata-kerja-operasional-kko-kurikulum.html
Dokumen Pelatihan
IK K.13_LPMP Bandung – 2016
SUMBER ARSIP
Muhammad Adam Hussein, S.Pd
Sukabumi, 31 Desember 2016
3 komentar untuk "Kata Kerja Operasional (KKO) Kurikulum 2013 Revisi 2016"